Tutorial Membuat Blog Blogspot dan Cara Menggunakannya Lengkap

Halo, apa kabar ? , kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat sebuah Blog terbaru 2016 versi Lolinkgen. Tentu semua sudah tau apa itu blog kan? , ya blog sebenarnya adalah singkatan dari Web log, dimana artinya adalah sebuah bentuk aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan (biasa kita sebut Posting). Situs ini dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan si pembuat blog.

Terdapat berbagai jenis blog, tetapi yang akan kita bahas disini adalah Blog milik Google yaitu Blogspot. Tentu saja untuk membuat Blog di blogspot kita tidak dipungut biaya alias GRATIS. Oke langsung saja kita mulai...

Pertama buka blogger.com/ ketikkan blogger di mesin pencari, kita akan membuat sebuah akun blogger dimana akun ini akan kita gunakan untuk mengelola blog kita nanti. 
Lolinkgen Google Blogger


Untuk dapat membuat akun blogger kita harus menggunakan akun Gmail , jika belum punya silahkan bisa buat akun gmail anda terlebih dahulu, caranya bisa dilihat disini Langkah-langkah Membuat Email Gmail
Lolinkgen Login Gmail untuk blogger

Jika anda sudah mempunyai akun Gmail yang sudah login maka tampilan akan seperti dibawah
Selamat datang Gmail lolinkgen


Jika belum, silahkan login dengan akun Gmail yang telah anda buat sebelumnya.
Login Email Gmail Lolinkgen

Masukkan password gmail untuk login


Setelah anda masuk dengan akun Gmail anda, maka disini kita akan masuk ke halaman Blogger, anda dapat memilih bahasa yang ingin anda gunakan. dan disini kita akan menemukan opsi profile, dimana jika anda belum mempunyai akun Google+ anda juga dapat membuatnya disini. nah pada halaman ini yang akan kita pilih adalah Buat profile Blogger, tentu saja karena ini adalah tutorial untuk membuat blog hihihi..
opsi Profil Google+ Blogger

Selanjutnya Isikan nama tampilan untuk profil blogger anda, "ini hanya nama tampilan untuk akun blogger anda bukan pada Blog" .
Isi nama Profil Blogger
Klik Lanjutkan ke Blogger


Halaman Dashboard Blogger
Anda telah masuk ke halaman profile Blogger anda, disinilah kita akan membuat blog kita. Klik Blog Baru.


catatan "Sebelum membuat sebuah blog pastikan anda sudah memiliki sebuah Ide atau topik yang ingin anda angkat, karena kesuksesan blog anda tergantung kepada Ide blog, tema, dan juga artikel pada blog anda nantinya. maka dari itu Rencanakanlah baik-baik, tetapi tidak ada salahnya langsung mencoba =D"


Akan muncul jendela Buat blog baru
Buat Blog baru blogger
Disini kita isikan Judul Blog kita, buatlah judul yang anda inginkan.
isikan juga alamat blog anda, nah disini anda dapat menggunakan yang sama ataupun berbeda dengan judul Blog anda, terkadang dalam memilih alamat blog ini anda akan menemukan bahwa alamat tersebut sudah digunakan, jadi anda harus memikirkan alamat yang kira-kira belum digunakan. keterangan dapat anda lihat jika alamat yang anda masukkan dapat digunakan. seperti contoh gambar dibawah.

Judul blog alamat blogger baru
Setelah semua Oke , silahkan klik Buat blog


Tada.. , Blog anda sudah jadi. Inilah tampilan dashboard Blogger anda.
tampilan dashboard blogger


Disini terdapat beberapa menu pada panel kiri, Tombol Entri baru untuk membuat sebuah postingan pada blog anda. terdapat juga menu Pos untuk melihat daftar postingan yang telah kita buat. dan menu-menu lainnya yang dapat anda coba sendiri nanti. ingat! semakin banyak anda coba maka anda akan semakin tau. 
Panel kiri menu blogger


Menu pertama yang akan kita coba adalah Entri baru, dimana disini adalah tempat dimana kita akan membuat sebuah postingan untuk blog kita.
entri baru blog blogger

Disini selain tulisan, anda juga dapat menambahkan gambar untuk mendukung tulisan anda. Anda dapat menambahkan gambar melalui komputer anda, dari gambar yang sudah pernah anda upload sebelumnya, atau anda dapat menambahkan gambar melalui URL contohnya gambar dari google anda dapat mengCopy kan URL gambar tersebut disini.
tambah gambar entri

Terdapat juga pilihan untuk menambahkan video. Selain dari upload, anda juga dapat menambahkan video langsung dari youtube , tinggal anda keetikkan judulnya dan pilih video yang ingin anda tambahkan.
add a video Blogger

Jadinya seperti ini, mudah kan?.., 
ya sebaiknya sebelum anda membuat sebuah postingan , anda dapat belajar menulis sebuah artikel yang baik untuk blog. Jadi blog anda akan lebih berkualitas jika contentnya juga baik dan berkualitas..
Entri blog

Tambahkan juga label untuk postingan anda, misalnya Tutorial, Tips, Berita dan lain-lain.
Anda dapat meninjau (Pratinjau) postingan anda sebelum di Publikasikan atau anda dapat menyimpan postingan di draft dan anda Publikasikan nanti.
setelan entri label blogger

Kemudian pada menu Pos , anda dapat melihat daftar postingan anda yang telah diterbitkan maupun yang masih ada di draft. Disini anda dapat mengedit postingan anda, menambahkan , atau menghapusnya.
daftar pos blog


Berikutnya kita coba menu Laman, disini kita bisa membuat halaman seperti Home, Profile, Contact Us, dan lain lain. Halaman dapat kita manfaatkan untuk membuat menu navigasi nantinya.
tampilan Laman Blog

Langsung saja kita coba buat sebuah halaman kita beri judul Home, kemudian Plublikasikan.
Contoh buat halaman


Selanjutnya kita coba menu Tata Letak, dimana pada menu ini kita dapat merubah tata letak tampilan blog kita, caranya mudah tinggal drag & drop sesuai dengan tempatnya.
Tata letak di blogger

Disini kita juga dapat menambahkan Gadget, silahkan dicoba-coba sendiri satu persatu dan lihat bagaimana hasilnya.
Tambahkan Gadget


Kita coba saja tambahkan sebuah Gadget Laman , yang mana akan kita buat sebagai menu utama.
Menambahkan gadget Laman

Setelah anda pilihh / tambahkan Gadget Laman , sekarang kita akan pilih Laman apa saja yang akan ditampilkan, judul gadget bisa dikosongkan, kemudian pilih Laman yang telah kita buat sebelumnya pada menu Laman, Sebagai contoh saya sudah buat dua Laman TUtorial , dan Home. Untuk Gadget Laman sudah otomatis ada Laman Beranda jadi tidak perlu membuat Laman Beranda / Home lagi. "tadi saya salah buat Laman Home, hihihi"
konfigurasi Daftar Laman Gadget
Langsung saja Simpan dan lihat hasilnya .


Tadaaa... , Blog kita sudah jadi, untuk melihat blog yang telah kita buat silahkan ketikkan di browser alamat blog anda yang telah anda tentukan di awal tadi, atau anda dapat menggunakan menu Lihat blog pada panel atas dashboard blogger anda.
Tampilan Blog Lolink Tutorial


Jika anda sudah login di blogger/ Gmail, dan anda membuka blog anda maka disini anda dapat secara langsung memanipulasi blog / Gadget anda dengan mengklik tanda obeng seperti yang saya tandai merah pada gambar dibawah.
edit langsung tampilan blog


Untuk tampilan, dan gadget anda dapat memanipulasinya pada menu Tata Letak .
Tata letak blogger


Selanjutnya jika anda ingin mengubah desain blog anda , anda dapat memanfaatkan menu Template. 
Disini akan terlihat template yang anda gunakan saat ini, dan terdapat berbagai desain template lain yang sudah disediakan blogger dan dapat anda gunakan menyesuaikan dengan tema blog anda. Selain itu anda dapat menggunakan / menambahkan template dari luar yang anda buat sendiri atau bisa anda cari template blogger di internet yang sudah banyak dan sangat mudah anda dapatkan. 
Pilih Desain template


Terakhir pada menu Setelan. Pada menu ini terdapat Setelan dasar blog anda, seperti judul dan deskripsi dan lain-lain. Silahkan tambahkan/ ubah yang menurut anda perlu.
Setelan dasar

Dan jika anda kebingungan dan mengalami kesulitan, silahkan gunakan fitur Bantuan Blogger. silahkan lihat pada pojok kanan atas.

anda akan menemukan yang anda cari disini muali dari dasar hinga yang detail, silahkan manfaatkan fitur yang sudah disediakan ini.



Oke segitu dulu ya Tutorial bagaimana membuat sebuah Blog blogspot terbaru 2016 lengkap beserta cara menggunakannya. Ingat jika ingin bisa jangan takut untuk mencoba , karena semakin banyak anda mencoba sesuatu maka anda akan semakin banyak tau tentang hal tersebut. 
Silahkan berkomentar dibawah ya! gak bayar kok hihihi.
Nantikan Tutorial dan Tips Trick lainya dari Lolinkgen.
Terima kasih sudah mampir.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »