[VIDEO] Membuat Animasi Stop Motion Dengan Windows Movie Maker

Short Love Stop Motion


Halo, Kali Ini saya akan membahas salah satu tugas kuliah saya, yaitu Tugas membuat animasi stop motion. Tugas ini adalah tugas kelompok saya di semester 4, dimana kami membuat sebuah stop motion dengan tema origami, software untuk mengedit video kami menggunakan Windows movie maker karena gratis dan mudah digunakan.

Apa itu Stop Motion ?

Stop Motion (Gerak henti) adalah sebuah teknik animasi dimana objek dimanipulasi fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya. Objek digerakan sedikit demi sedikit di setiap frame yang akan difoto, menciptakan sebuah ilusi gerak yang seakan hidup saat serangkaian frame dimainkan secara berurutan.

Animasi dengan teknik stop motion sebenarnya tergolong kuno dan sangat sederhana sekali. Tidak diperlukan keahlian khusus dalam membuatnya, yang paling dibutuhkan adalah teliti dan telaten dalam pengerjaannya. peralatannya hanyalah sebuah kamera foto , tripod atau apapun yang dapat menyangga kamera tepat pada tempatnya, dan yang paling penting objek. Objek bisa berupa gambar, kertas, tanah luat, action figur atau boneka dll.

Windows Movie Maker

Dalam Project ini saya memilih menggunakan software video editor milik windows yang bisa didapatkan secara gratis yaitu Windows Movie Maker. Alasannya karena software ini cukup mudah digunakan bahkan oleh orang yang minim ilmu video editing seperti saya. 

Windows Movie Maker atau disingkat WMM adalah sebuah program editing video yang sederhana, didesain untuk pemilik PC dengan sedikit pengalaman untuk membuat video rumahan. Sebenarnya Microsoft sudah memperkenalkan fasilitas WMM ini di Windows Millennium Edition (Me) beberapa waktu lalu. Namun waktu itu masih sebagai tambahan atau Accessories.

Dengan WMM ini Anda bisa melakukan pengeditan video sederhana dan memainkannya melalui Windows Media Player.


Judul dari animasi yang kami buat adalah "Short Love". project ini terdiri dari 7 scene dengan 1 scene tambahan behind the scene. Jumlah Total Foto yang digunakan kurang lebih 306 foto.


Berikut Dokumentasi saya saat membuat project ini.

Scene 1 Short Love
Scene 1

Scene 2 Short love
Scene 2
 Scene 3 Short Love
Scene 3

Scene 4 Short Love
Scene 4

Scene 5 Short Love
Scene 5

Scene 6 Short Love
Scene 6

End Scene Short Love
End Scene

Hasil Setelah foto diproses digabungkan per frame , menjadi beberapa scene dan ditambah musik.
Scene Video Sebelum proses penggabungan



"Short Love - Stop motion" adalah animasi stop motion hasil karya Mata-Mata 'team' bertemakan Origami - Love Story.
Seperti judulnya Animasi Stop Motion ini menceritakan tentang cinta sesaat dimana seseorang dapat dengan mudah merasakan cinta dan langsung melupakan yang lama ketika menemukan yang baru.

Penasaran bagaimana hasilnya ?  langsung saja ditonton videonya!.



Short Love , Short Story
Cinta tak selalu indah, Cinta datang dan pergi,
Jangan Menyianyiakan hidupmu hanya karena cinta.



DMCA.com Protection Status

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »